Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat merupakan salah satu buah serbaguna yang banyak digunakan sebagai sayuran di seluruh dunia. Beberapa orang lebih suka mentah sedangkan beberapa suka memasaknya dengan sayuran dan rempah-rempah. Anda benar-benar dapat menambahkan tomat ke apa saja, mulai dari saus tomat, sup, salad, acar hingga makanan pokok seperti kari, nasi, omelet, dals, dll. Pernahkah Anda bertanya-tanya apa manfaat makan tomat, buah merah yang berair ini setiap hari?

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat Membantu Mencegah Kanker

Menurut American Institute for Cancer Research, likopen dalam tomat bertanggung jawab atas sifat antikanker buah. Likopen adalah antioksidan dalam keluarga karotenoid. Sifat antioksidan kuatnya telah ditemukan untuk menetralkan radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh kita karena berbagai alasan. Bahkan penelitian laboratorium menunjukkan bahwa komponen tomat telah mencegah proliferasi beberapa jenis sel kanker. Lebih penting lagi, seseorang dapat meningkatkan potensi tomat melawan kanker dengan mengonsumsinya dalam bentuk olahan seperti saus, jus, atau pasta tomat.

Tomat Mengatur Tekanan Darah

Lycopene dalam tomat juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Tomat juga kaya akan potasium, mineral yang dikenal dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Ini karena kalium mengurangi efek natrium. Faktanya, semakin banyak kalium yang Anda konsumsi, semakin banyak natrium yang hilang melalui urin. Terlepas dari ini, potasium meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah Anda lebih lanjut mengurangi tekanan darah. Menurut American Heart Association, asupan kalium yang direkomendasikan untuk orang dewasa rata-rata adalah 4.700 mg per hari.

Tomat Meningkatkan Kesehatan Kulit Dan Rambut

Tomat adalah bahan penting dalam sebagian besar perawatan kecantikan. Mereka membantu menyembuhkan pori-pori besar, mengobati jerawat, menenangkan kulit terbakar, dan menghidupkan kembali kulit kusam. Antioksidan dalam tomat, terutama likopen, melawan kerusakan sel dan peradangan kulit. Tomat juga bekerja sangat baik sebagai zat dan memperbaiki tekstur wajah. Mereka menghilangkan minyak berlebih dari kulit Anda dan membuat wajah Anda segar lebih lama. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur jus tomat segar dan mentimun. Menggunakan bola kapas, oleskan jus ke wajah Anda secara teratur.

Tomat Mengurangi Kolesterol Dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ini likopen, lagi! Memasukkan tomat kaya likopen secara teratur dalam diet Anda selama game slot online beberapa minggu dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) sebanyak 10%. Untuk lebih tepatnya, Anda perlu mengonsumsi setidaknya 25 mg likopen sehari. Ini bisa menjadi sekitar setengah cangkir saus tomat. Juga, 100 gram pure tomat akan memberikan 21,8 mg likopen. Sesuai penelitian, manfaat individu yang mengonsumsi tomat segar atau jus tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post